Minggu, 05 Oktober 2014

motivasi usaha



Motivasi Usaha
Motivasi dan Konsep Diri
Dosen: Ari Anggarani W.P.T.SE.MM
 :
Nama     : Fajar Maulana
Fakultas : Fisioterapi
NIM        : 2014-66-104
Sesi         : 22






Disusun oleh :
Nama     : Fajar Maulana
Fakultas : Fisioterapi
NIM        : 2014-66-104
Sesi         : 22


UNIVERSITAS ESA UNGGUL

1.      Pendahuluan
Motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya, hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan dan penghormatan. Motivasi adalah sesuatu apa yang membuat seseorang bertindak, motivasi merupakan dampak dari interaksi seseorang dengan situasi yang dihadapinya motivasi menjadi suatu kekuatan, tenaga atau daya, atau suatu keadaan yang kompleks dan kesiapsediaan dalam diri individu untuk bergerak ke arah tujuan tertentu, baik disadari maupun tidak disadari. Motivasi seseorang dapat ditimbulkan dan tumbuh berkembang melalui dirinya sendiri-intrinsik dan dari lingkungan-ekstrinsik, motivasi intrinsik bermakna sebagai keinginan dari diri sendiri untuk bertindak tanpa adanya rangsangan dari luar. Motivasi intrinsik akan lebih menguntungkan dan memberikan keajegan dalam belajar. Motivasi ekstrinsik dijabarkan sebagai motivasi yang datang dari luar individu dan tidak dapat dikendalikan oleh individu tersebut, para ahli kebanyakan mencontohkannya dengan nilai, hadiah, dan/atau penghargaan yang digunakan untuk merangsang motivasi seseorang.

2.      Konsep motivasi diri
Menurut saya motivasi adalah keadaan dalam diri individu, biasanya berupa dorongan (drive) yang menyebabkan seseorang berperilaku dalam memenuhi kebutuhan atau tujuan. Motivasi merupakan gabungan kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) yang mengarahkan seseorang untuk bertingkah laku tertentu. Motivasi mengarahkan seseorang dalam berusaha untuk mencapai sesuatu yang dia inginkan.

3.      Prestasi
Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individual maupun kelompok. Prestasi tidak akan pernah dihasilkan tanpa suatu  usaha baik berupa pengetahuan maupun berupa keterampilan. Prestasi diri adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang. Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapai situasi segala aspek kehidupan. Karakter orang yang berprestasi adalah mencintai pekerjaan, memiliki inisiatif dan kreatif, pantang menyerah, serta menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh. Karakter-karakter tersebut menunjukan bahwa untuk meraih prestasi tertentu, dibutuhkan kerja keras.

Prestasi-prestasi yang pernah saya raih diantaranya :
Masuk 5 besar dari kelas 1-4 sekolah dasar
a.       Masuk 3 besar dari kelas 5-6 sekolah dasar
b.      Masuk 3 besar dari kelas VII-VIII SMP
c.       Mendapat ranking 1 ketika kelas IX SMP
d.      Juara 3 lomba pasanggiri pupuh tingkat kabupaten waktu SMP
e.       Juara 2 lomba vokal solo tingkat kabupaten waktu SMP
f.       Juara 1 vokal solo FLS2N tingkat kota waktu SMA
g.      Juara harapan 1 vokal solo FLS2N tinkat provinsi waktu SMA\

4.      Motivasi berprestasi
Motivasi saya dalam berprestasi adalah masa depan saya yang akan menjadi tumpuan saya tentunya, dan tak lupa kedua orangtua saya yang selalu menjadi acuan dalam semangat dan dorongan untuk mendapat prestasi yang saya inginkan dan saya harapkan. Saya selalu mempunyai target atau deadline untuk menetapkan tujuan-tujuan yang ingin saya kerjakan dan saya capai kedepannya, supaya semuanya jelas dan terorganisir dengan baik. Dan tak lupa juga saya meminta do’a restu kepada kedua orangtua saya dalam mengerjakan sesuatu hal apapun. Karena saya yakin apabila tidak ada do’a restu dari mereka, maka segala sesuatu hal yang akan saya kerjakan tidak akan mudah dengan apa yang saya bayangkan.

5.      Penetapan tujuan
Saya mempunyai target dimasa depan, yaitu saya ingin membahagiakan kedua orangtua saya. Selain itu pula saya mempunyai tujuan lain, yaitu ingin menjadi orang sukses tentunya sebagai ahli fisioterapi club sepakbola yang handal dan bisa membantu orang disekitar saya, selagi saya mampu dan bisa untuk menolong mereka, saya akan kerahkan seluruh kemampuan saya untuk menolong mereka.

6.      Pencapaian tujuan
Demi mencapai tujuan yang saya rencanakan, saya akan bekerja keras dengan maksimal dan di barengi dengan ibadah serta memanjatkan do’a secara istiqomah kepada Allah S.W.T. Saya tidak akan mengeluh dengan keadaan apapun karena saya harus ingat janji dan tujuan saya dengan menitik beratkan kesuksesan saya sebagai titik acuan untuk prosvek kehidupan ke depan yang akan saya jalani.

7.      Target individu
            Saya mempunyai target dimasa usia saya yang ke 27 tahun, saya sudah mapan dengan pekerjaan yang saya inginkan dan di usia itu saya sudah mencapai tujuan yang saya tetapkan. ( amin )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar